You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Malausma
Desa Malausma

Kec. Malausma, Kab. Majalengka, Provinsi Jawa Barat

UNTUK PARA PETANI ....... LAKUKAN SEGERA REGISTRASI KARTU TANI UNTUK TAHUN 2024.... -- KARTU TANI ... Pemerintah Desa Malausma Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024 M "Mohon maaf lahir dan bathin atas segala kekhilafan dan kesalahan kami" -- Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H/2023 M... Semakin aku banyak membaca, semakin aku banyak berpikir, semakin aku banyak belajar, semakin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apa pun - Masih Belajar - - Masih Belajar -

Laporan Keuangan Bumdes Mitra Braja 2020 (aplikasi)

Administrator 15 Desember 2020 Dibaca 4.544 Kali
Laporan Keuangan Bumdes Mitra Braja 2020 (aplikasi)

Laporan keuangan Bumdes Mitra Braja Desa Malausma Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka Tahun 2020

    1. Laporan Posisi Keuangan / Neraca (Balance Sheet)
    2. Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement)
    3. Laporan Neraca Saldo (Trial Balance Report)
    4. Laporan Hasil Usaha (Income Statemen)
    5. Worksheet Laporan Keuangan
    6. Laporan Rincian Biaya
    7. Laporan Laba / Rugi
    8. Laporan Perubahan Modal / Ekuitas
    9. Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    10. Laporan Keuangan Lainnya:
      1. Jurnal Pembukuan
      2. Voucher / Bukti Jurnal Pembukuan,
        • Jurnal Penerimaan Kas (JPK)
        • Jurnal Pengeluaran Kas (JBK)
        • Jurnal Umum (JU)
        • Jurnal Pencatatan Utang (JCU)
        • Jurnal Pencatatan Piutang (JCP)
        • Jurnal Pelunasan Utang (JPU)
        • Jurnal Penerimaan Piutang (JPP)
        • Jurnal Saldo Awal (JSA)
        • Jurnal Penyusutan Aktiva Tetap (JS)
      3. Buku Besar
      4. Buku Bantu Aktivitas 
      5. Buku Daftar Utang
      6. Buku Daptar Piutang
      7. Buku Besar Rinci per Rekanan
      8. Laporan Penerimaan Kas
        • Surat Tanda Bukti Penerimaan (STBP) Bendahara Unit Usaha
        • Register STBP Bendahara Unit Usaha
        • Surat Tanda Setoran (STS) ke Bendahara Bumdes

"Aplikasi Sistem Akuntansi Bumdes SIA BUMDesa BPKP v. 18.04.23" 

Mudah digunakan sekali Input lengkap semua

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi atau income statement atau profit and loss statement merupakan laporan keuangan yang berfungsi untuk menilai kinerja keuangan apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian pada satu periode akuntansi. Selain untuk mengetahui keuntungan atau kerugian, laporan laba rugi juga dibuat untuk memberikan informasi tentang pajak perusahaan, bahan evaluasi manajemen dan membantu dalam pengambilan keputusan.

Dalam format laporan keuangan laba rugi, terdapat beberapa hal atau aspek yang ada didalamnya, diantaranya: pendapatan, beban, harga pokok produksi, beban pajak, laba atau rugi perusahaan.

Laporan Neraca

Seperti namanya neraca atau balance sheet  merupakan laporan keuangan yang menunjukan posisi dan informasi keuangan sebuah perusahaan. Dalam laporan neraca, Anda akan melihat informasi tentang aset, kewajiban dan modal perusahaan secara lengkap dan rinci. Dengan kata lain, elemen dalam laporan neraca hanya tiga akun tersebut.

Laporan Arus Kas

Jenis laporan keuangan yang keempat yakni laporan arus kas atau cash flow statement. Laporan arus kas memberikan informasi tentang aliran kas perusahaan yang masuk dan keluar. Selain itu, laporan arus kas juga berfungsi sebagai indikator untuk memprediksi arus kas di periode yang akan datang. Laporan arus kas merupakan bentuk pertanggungjawaban arus kas masuk dan keluar selama periode pelaporan. Laporan arus kas terdiri dari 3 aktivitas utamanya, berikut ketiga aktivitas tersebut:

  • Aktivitas Operasi (Operating Activities)

Aktivitas operasi merupakan laporan arus kas yang terdiri dari kegiatan operasional perusahaan. Dengan kata lain, aktivitas ini  dapat diperoleh dengan memasukkan nilai dari pengaruh kas/bank pada transaksi yang dilibatkan dalam penentuan laba bersih. Contohnya seperti, penjualan barang dan jasa dari pelanggan, pembelian persediaan, dan lainnya.

  • Aktivitas Investasi (Investing Activities)

Aktivitas investasi ini berkaitan dengan aktivitas arus kas yang dihasilkan dari penjualan atau pun pembelian aktiva tetap.

  • Aktivitas Pendanaan (Financing Activities)

Seperti namanya, aktivitas pendanaan merupakan aktivitas kas yang berasal dari penambahan modal perusahaan. Untuk menghitung aktivitas ini, Anda dapat memasukkan nilai penambahan atau pengurangan kas yang berasal dari kewajiban jangka panjang dan ekuitas pemilik.

Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah laporan yang menggambarkan perubahan baik berupa peningkatan atau penurunan aktiva bersih selama satu periode. Pada saat awal pendirian perusahaan, Anda sebagai pemilik perusahaan pasti menyetorkan modalnya. Selama beroperasi tentu saja modal awal akan berubah sesuai dengan kinerjanya. Misalnya, jika pada periode berjalan perusahaan mengalami kerugian maka modal akan berkurang. Sebaliknya jika perusahaan mengalami keuntungan, modal akan bertambah.

Dalam laporan perubahan modal, Anda juga dapat melihat penyebab dari adanya perubahan modal tidak hanya perubahan nya saja. Beberapa data yang diperlukan untuk membuat laporan ini adalah modal awal, prive atau pengambilan dana pada periode tersebut dan total laba atau rugi bersih yang diperoleh. Untuk membuat laporan ini dibutuhkan laba-rugi maka laporan ini dibuat setelah laporan laba rugi selesai.

Catatan Atas Laporan Keuangan

Pengertian catatan atas laporan keuangan menurut PSAK 1 2015 yaitu catatan atas laporan keuangan adalah berisi ringkasan suatu kebijakan akuntansi yang signifikan serta informasi penjelasan lainnya.

Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) merupakan unsur laporan keuangan yang menyajikan informasi tentang penjelasan atau daftar terinci atau analisis atas nilai suatu pos yang disajikan dalam Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, dan Laporan Arus Kas (LAK) dalam rangka pengungkapan yang memadai. CaLK meliputi penjelasan naratif atau rincian dari angka yang tertera dalam LRA, Laporan Perubahan SAL, Laporan Operasional (LO), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), Neraca, dan LAK. CaLK juga mencakup informasi tentang kebijakan akuntansi yang dipergunakan oleh entitas pelaporan dan informasi lain yang diharuskan dan dianjurkan untuk diungkapkan di dalam Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) serta ungkapan-ungkapan yang diperlukan untuk menghasilkan penyajian laporan keuangan secara wajar.

Catatan Atas Laporan Keuangan (CaLK) merupakan bagian dari laporan keuangan suatu entitas. Namun, catatan laporan keuangan bukanlah hal yang wajib dibuat oleh perusahaan. Sehingga biasanya perusahaan yang membuat catatan atas laporan keuangan adalah perusahaan-perusahaan skala besar atau perusahaan yang go public.

Tujuan pembuatan laporan ini adalah untuk memberikan penjelasan yang rinci tentang hal-hal yang ada pada jenis laporan keuangan lainnya sehingga letak catatan atas laporan keuangan ada di belakang sendiri. Laporan ini akan memudahkan Anda dalam memahami laporan keuangan lainnya karena isi nya yang sangat rinci. Jadi tidak heran jika bentuk catatan atas laporan keuangan ini sangat tebal dan terdiri dari banyak halaman.

Adanya catatan atas laporan keuangan dapat membantu Anda dalam menghindari kesalahpahaman dalam membaca laporan keuangan perusahaan. Selain itu, catatan atas laporan keuangan adalah bagian yang tidak dapat terpisahkan.Namun, tidak semua informasi keuangan perusahaan terdapat informasi yang lebih rinci di laporan keuangan. Sehingga catatan atas laporan keuangan adalah suatu
informasi yang cukup penting dalam menyajikan laporan keuangan.

Walaupun fungsinya hanya sebagai pelengkap informasi keuangan. Namun catatan laporan keuangan juga harus disajikan dengan ketentuan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Isi dari CaLK setidaknya mengungkapkan/menyajikan/menyediakan hal-hal sebagai berikut:

  1. Mengungkapkan informasi umum tentang Entitas Pelaporan dan Entitas Akuntansi;
  2. Menyajikan informasi tentang kebijakan fiskal/keuangan dan ekonomi makro;
  3. Menyajikan ikhtisar pencapaian target keuangan selama tahun pelaporan berikut kendala dan hambatan yang dihadapi dalam pencapaian target;
  4. Menyajikan informasi tentang dasar penyusunan laporan keuangan dan kebijakan-kebijakan akuntansi yang dipilih untuk diterapkan atas transaksitransaksi dan kejadian-kejadian penting lainnya;
  5. Menyajikan rincian dan penjelasan masing-masing pos yang disajikan pada lembar muka laporan keuangan;
  6. Mengungkapkan informasi yang diharuskan oleh Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan (PSAP) yang belum disajikan dalam lembar muka laporan keuangan;
  7. Menyediakan informasi lainnya yang diperlukan untuk penyajian yang wajar, yang tidak disajikan dalam lembar muka laporan keuangan;

Agar mudah dalam membuat laporan keuangan khusu BUMDES, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi SIA BUMDES by BPKpsoftware SIA BUMDES ini dapat membantu menjalankan sistem akuntansi BUMDES dengan mudah dan praktis. Anda hanya perlu menginput semua transaksi, dan aplikasi SIA BUMDES ini akan mengolahnya menjadi laporan keuangan secara otomatis.

Baca Juga:

Laporan Keuangan Bumdes 2020 Excel (xls)

Profil Bumdes 2020

LPJ Bumdes 2020

 

"buat belajar
Anisa fitri 29 Desember 2022
"Minta format laporan Bundes
Obed nego sumas 30 November 2023
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBD 2023 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp 0,00 Rp 2.133.121.440,00
0%
Belanja
Rp 0,00 Rp 2.083.121.440,00
0%
Pembiayaan
Rp 0,00 Rp -60.730.500,00
0%

APBD 2023 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp 0,00 Rp 61.200.000,00
0%
Dana Desa
Rp 0,00 Rp 1.385.227.000,00
0%
Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi
Rp 0,00 Rp 57.312.000,00
0%
Alokasi Dana Desa
Rp 0,00 Rp 499.382.440,00
0%
Bantuan Keuangan Provinsi
Rp 0,00 Rp 130.000.000,00
0%

APBD 2023 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa
Rp 0,00 Rp 633.789.250,00
0%
Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa
Rp 0,00 Rp 980.624.790,00
0%
Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa
Rp 0,00 Rp 47.662.000,00
0%
Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa
Rp 0,00 Rp 277.045.400,00
0%
Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa
Rp 0,00 Rp 144.000.000,00
0%