Pemerintah Desa Malausma Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H/2023 M "Mohon maaf lahir dan bathin atas segala kekhilafan dan kesalahan kami" -- Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H/2023 M... Semakin aku banyak membaca, semakin aku banyak berpikir, semakin aku banyak belajar, semakin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apa pun - Masih Belajar - - Masih Belajar -

Artikel

Pengenalan dan Penyesuaian Aplikasi Akuntansi BUM Desa 2023

24 April 2023 10:13:14  Administrator  374 Kali Dibaca  BUMDES

 

 

Praktek Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa Sesuai dengan KEPMEN Desa No. 136 Tahun 2022

Penyusunan Laporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi para pengelola Bumdesa, hal ini karena laporan keuangan menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban pengelolaan keuangan Bumdesa kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Oleh karena itu, Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (selanjutnya disingkat BBPPMD) Jakarta pada Webinar Lentera Volume 3 pada Senin, 17 April 2023 dengan mengangkat tema praktek penyusunan laporan keuangan bumdesa sesuai dengan Kepmendes No. 136 tahun 2022.

Bapak Dr. Fujiartanto, S.IP, M.M, M.Si, M.A (Plt. Kepala BBPPMD Jakarta) menyampaikan pentingnya pemberian pengetahuan dan ketrampilan kepada seluruh Bumdesa yang ada di Indonesia  tentang pengetahuan dasar akuntansi. Pada tanggal 28 Desember tahun 2022 Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui Badan Pengembangan Informasi telah melakukan launching terkait penerapan aplikasi penyusunan laporan keuangan desa berdasarkan Kepmendes No. 136 tahun 2022. Dalam rangka mendukung upaya percepatan penerapan aplikasi akuntansi penyusunan laporan keuangan Bumdesa, perlu dilakukan literasi dan edukasi secara berkesinambungan kepada seluruh Bumdes.Kegiatan literasi dan edukasi penyusunan laporan keuangan Bumdesa ini diselenggarakan melalui media Webinar Lentera. Kegiatan webinar tersebut, tidak hanya sekedar berupa penyampaian materi, tetapi juga praktek/mendemonstrasikan cara menginput transaksi keuangan Bumdes ke aplikasi. Demonstrasi dipandu oleh Penggerak Swadaya Masyarakat (selanjutnya disingkat PSM) BBPPMD Jakarta.

Kegiatan Webinar Lentera Vol. 3 diawali dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan opening speech dari Bapak Fujiartanto, S.IP,M.M,M.Si,M.A selaku Plt.Kepala BBPPMD Jakarta. Acara selanjutnya adalah laporan penyelenggaraan yang disampaikan Ibu Rini Khodijah Alawiyah, S.Pd.I selaku Kepala Bagian Tata Usaha BBPPMD Jakarta. Dalam laporanya,beliau menyampaikan bahwa alangkah baiknya mengisi bulan Ramadhan ini dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat dengan menyebarluaskan kebaikan dan berbagi ilmu pengetahuan melalui kegiatan Webinar Lentera.

Narasumber pada webinar kali ini yaitu Bapak Agung Fajar Ilmiyono, SE, M.Ak, AWP, CTCP, C.FA, CNPHRP, CAP. Beliau menyampaikan Literasi Penyusunan Laporan Keuangan yakni tahapan penyusunan laporan keuangan BUM Desa berdasarkan prinsip ETAP sesuai dengan Kepmendesa No.36 Tahun 2022  

Narasumber kedua yaitu Bapak Andy Hamzah yang merupakan Dosen PKN STAN. Beliau menyampaikan materi terkait Pengenalan dan Penyesuaian Aplikasi Akuntansi Bumdesa Berbasis Excel. Materi ini penting dipelajari karena untuk memberikan pemahaman alur proses sehingga memungkinkan analisis dan review. Aplikasi menggunakan excel karena relative mudah, tidak memerlukan akses, mudah dipelajari karena prosesnya kelihatan, mudah digunakan karena cukup familiar, mudah dikembangkan serta hemat/murah, tidak perlu menyewa atau membeli server. Aplikasi excel membuat pengelola bumdes menjadi mandiri / tidak tergantung dengan aplikasi lain yang akan tergantung dengan pihak lain.

Dalam webinar ini secara langsung dipraktekkan penggunaan Aplikasi Akuntansi Bumdesa Berbasis Excel dengan menggunakan studi kasus yang disampaikan oleh PSM BBPPMD Jakarta Bapak Yudha Adi Pradana, S.Pi, MIL 

BBPPMD Jakarta berharap materi webinar kali ini dapat bermanfaat bagi Pengelola Bumdesa dalam penyusunan laporan keuangan yang lebih baik dan akuntabel .

Panduan penyusunan laporan keuangan BUM Desa ini disusun didasarkan pada Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku baik SAK EMKM, SAK ETAP dan juga sudah mengakomodir SAK Entitas Privat (EP) yang akan diberlakukan di 2025. Isi dari panduan mencakup kebijakan akuntansi baik kebijakan pelaporan maupun kebijakan akun dan juga sistem akuntansi yang memberikan panduan tata cara mencatat transaksi dalam buku jurnal menggunakan daftar akun yang standar hingga menghasilkan laporan keuangan BUM Desa. Tidak hanya itu, PKN STAN juga menyampaikan aplikasi gratis berbasis excel yang dapat digunakan BUM Desa/BUM Desma dalam menyusun laporan keuangan sesuai panduan, secara otomatis, cepat, akurat dan tepat waktu. Aplikasi yang mengakomodir multi usaha tersebut (dapat digunakan untuk usaha Jasa, Dagang dan Manufaktur) disusun oleh Saudara Andy P Hamzah (Dosen PKN STAN) dan bersifat freeware (gratis) dan dapat digunakan, dipelajari, diajarkan serta dapat dikembangkan secara mandiri sesuai karakteristik dan kebutuhan BUM Desa/BUM Desma.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 

 Media Sosial

 

 Agenda

 

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Karta Braja No. 01 Malausma
Desa : Malausma
Kec. : Malausma
Kab. : Majalengka
Kodepos : 45464
Telepon :
Email : pemdes.malausma@gmail.com

 

 Peta Wilayah Desa

 

 

 

 Komentar

 

 Statistik

 

 

 Arsip Artikel

 

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:278
    Kemarin:388
    Total Pengunjung:995.128
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.174.62.162
    Browser:Tidak ditemukan