Pemerintah Desa Malausma Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H/2023 M "Mohon maaf lahir dan bathin atas segala kekhilafan dan kesalahan kami" -- Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H/2023 M... Semakin aku banyak membaca, semakin aku banyak berpikir, semakin aku banyak belajar, semakin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apa pun - Masih Belajar - - Masih Belajar -

Artikel

Profil Masyarakat Desa

29 Juli 2013 18:13:36  Administrator  4.374 Kali Dibaca 

 

 

Profil Masyarakat Desa Malausma

 a.   Sosial Budaya

Kegiatan sosial masyarakat di Desa Malausma, diantaranya: kerja bakti (gotong royong), Magrib Mengaji, Pengajian dan Shalawatan di tiap Mushola, Siskamling,  Karang Taruna, PKK, Posyandu, Arisan, Kelompok Tani, Kelompok Ternak, dan lain-lain. Sikap Kebersamaan dan kegotongroyongan, kerukunan, dan kepedulian masih dijunjung tinggi di Desa Malausma.

Masyarakat Desa Malausma masih melestarikan adat budaya warisan nenek moyang bangsa Indonesia, khususnya kebudayaan Sunda.  Dalam kehidupan sehari-hari, tercermin perilaku budaya Sunda Islami dengan tata karma yang sangat dijunjung tinggi, seperti adat bertamu, adat bertutur kata, adat berpakaian, adat bermusyawarah dan sebagainya.

Berbagai kegiatan budaya masih sering dilaksanakan di Desa Malausma, diantaranya: nyadran, tirakatan, sholawat barjanji, jathilan, Tahlilan dan lain-lain. 

b.  Ekonomi

Potensi perekonomian di Desa Malausma cukup beragam di berbagai sektor, antara lain: pariwisata, pertanian, peternakan, perikanan dan industri kecil. Desa Malausma memiliki obyek wisata yang cukup potensial yaitu Situ Batu. Adapun hasil pertanian yang menjadi komoditas unggulan Desa Malausma, diantaranya adalah padi, jagung, kacang tanah, ubi kayu, kedelai dan ubi jalar. Selain pertanian, kegiatan peternakan juga dikembangkan di Desa Malausma, yaitu peternakan ayam buras, ayam broiler, ayam petelur, sapi Pedaging dan peternakan domba/kambing . Untuk kegiatan perikanan adalah budidaya ikan dengan berbagai macam jenis ikan.

Komoditas unggulan : Kriteria komoditas unggulan secara kuantitatif adalah mempunyai nilai jual tinggi, dapat dibudidayakan, volume produksi tinggi, laju nilai penjualan dan perkiraan keuntungan produk setiap ton. Adapun komoditas unggulan tanaman pertanian berdasarkan peringkat adalah padi, jagung, kacang tanah, ubi kayu, kedelai dan ubi jalar. Sedangkan untuk produk peternakan adalah Ayam buras, Sapi, dan Kambing .

Potensi perekonomian yang lain adalah industri kecil. Komoditas industri kecil yang ada di Desa Malausma sangat beragam diantaranya olahan makanan dan produk hasil kerajinan tangan.

c. Politik 

Warga Desa Malausma merupakan masyarakat yang aktif berpartisipasi dalam pemberian suara untuk Pemilihan Umum, Pemilihan Kepala Daerah Langsung dan pemilihan Kepala Desa.  Tingkat partisipasi warga di desa initerbilang tinggi di banding desa desa lainnya di wilayah kecamatan Malausma.

Warga Desa Malausma sangat aktif dalam mengawal proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Malausma . 

c. Pertahanan dan Keamanan

Pemerintah Desa Malausma Bersama Masyarakat Desa Malausma bekerja sama dalam melaksanakan ketertiban dan keamanan masyarakat, Peran serta masyarakat akan sangat berarti dalam mewujudkan kondisi yang aman dan nyaman dalam masyarakat. Pemerintah Desa selalu mengajak seluruh masyarakat untuk terus melaksanakan siskamling secara rutin dan berkelanjutan di setiap RT, RW dan blok di dirikan sebuah Pos Kamling dan setiap mala secara bergiliran sesuai jadwal masyarakat melakukan kegiatan Ronda malam.

Kedisiplinan, kerjasama antar warga, pemahaman akan pentingnya ketertiban dan keamanan dalam masyarakat desa Malausma perlu ditingkatkan dengan berbagai sosialisasi dan pelatihan yang dirasa perlu untuk membentuk masyarakat yang mengetahui peran dan fungsinya dalam menciptakan ketertiban dan keamanan.

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 

 Media Sosial

 

 Agenda

 

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Karta Braja No. 01 Malausma
Desa : Malausma
Kec. : Malausma
Kab. : Majalengka
Kodepos : 45464
Telepon :
Email : pemdes.malausma@gmail.com

 

 Peta Wilayah Desa

 

 

 

 Komentar

 

 Statistik

 

 

 Arsip Artikel

 

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:435
    Kemarin:388
    Total Pengunjung:995.285
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.174.62.162
    Browser:Tidak ditemukan